Cara Mengganti Oli Genset

0 Comments

Oli genset adalah salah satu dari beberapa komponen yang membutuhkan penggantian secara berkala agar genset dapat digunakan dan mesin genset bisa bertahan lebih lama.

Agar mesin Anda tetap bekerja secara maksimal, rawatlah mesin tersebut dengan benar. Banyak sekali pengguna genset yang mengalami kerusakan pada enginenya hanya karena masalah mesin kekurangan oli. Perhatikan cara-cara berikut agar Anda dapat mencegah kerusakan yang parah dengan mengganti oli pada mesin genset, yaitu:

1. Mesin Dalam Keadaan Mati

Pada saat Anda ingin mengisi oli pastikan genset dalam keadaan mati dan tidak ada alat yang dapat menyebabkan konsleting, agar keamanan saat penggantian oli lebih terjamin.

3. Area Di Sekitar Mesin Steril

Ketika Anda ingin mengisi oli pada mesin genset, pastikan tidak ada debu, dan lantai tidak licin agar tidak mengganggu proses pengisian. Sebaiknya Anda menggunakan masker atau sarung tangan jika ingin melakukan pengisian oli pada genset.

2. Tidak Ada Benda Korosif Di Sekitar

Pada saat Anda akan mengganti cairan oli yang baru, pastikan tidak ada benda korosif ataupun karat di permukaan mesin yang akan mengkontaminasi oli, karena hal tersebut dapat menghambat kinerja oli mesin dalam meminimalisir pemanasan berlebih pada mesin..

4. Oli Yang Digunakan Hanya Satu Jenis

Sebaiknya Anda menggunakan oli satu jenis saja. Jangan coba mengganti dengan merek baru apalagi mencampurnya dengan oli jenis lain, hal ini dapat merusak ke stabilan tekanan yang dihasilkan cairan oli saat melumasi komponen mesin.

5. Perlengkapan Pengganti Oli

Saat Anda ingin mengganti oli sebaiknya perlengkapan yang dibutuhkan sudah ada, seperti wadah untuk oli kotor, corong pengisi filter, koran bekas, dan kunci untuk membuka genset. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam melakukan penggantian oli.

Cara ganti oli genset dengan baik dan benar:

  1. Buka bagian Seal oli, lalu lanjutkan proses pengecekan seberapa banyak oli harus ditambahkan atau harus diganti.
  2. Berikutnya, anda juga harus memastikan bahwa oli baru nantinya yang akan dimasukkan benar-benar terpasang kuat didalam mesin genset tanpa ada bagian yang merembes akibat ada bagian yang tidak dapat.
  3. Silakan Anda buka bagian sel oli yang berada di bawah mesin genset, lalu tunggulah oli bekas keluar semuanya melewati bagian saluran pembuangan oli bekas. Setelah proses pembuangan oli bekas selesai, maka silakan Anda tunggu beberapa menit sampai benar-benar tidak ada oli bekas yang tertinggal didalam mesin genset.
  1. Pasang dan Kencangkan kembali seluruh Mur yang ada di bagian bawah mesin genset
  2. Lewat lubang pengisian yang ada di bagian atas, silakan Anda tuangkan oli mesin genset yang baru dan Anda harus memastikan bahwa oli baru yang Anda masukkan ke dalam mesin genset tidak melebihi batas atas dari oli genset.
  3. Setelah anda selesai menuangkan oli baru ke dalam genset, silakan Anda Tutup kembali bagian lubang pengisian oli dengan menggunakan penutup yang sudah disediakan. Hal tersebut bertujuan supaya tidak ada kotoran ataupun benda asing lainnya yang masuk ke dalam mesin genset.

Hubungi kami jika Anda ingin mengganti oli genset secara rutin.

 

Sumber berita