Bagaimana Suara Diukur dan Mengapa Itu Penting?

0 Comments

Bagaimana Suara Diukur dan Mengapa Itu Penting?

* Desibel berbobot A, disingkat dBA, adalah ekspresi dari kenyaringan relatif suara di udara seperti yang dirasakan oleh telinga manusia.

Suara adalah energi yang merambat dalam gelombang, dan intensitasnya diukur dalam satuan yang disebut desibel (dB), artinya semakin tinggi desibel, semakin keras suaranya. Penting untuk diketahui bahwa paparan berulang atau berkepanjangan (lebih dari 8 jam sehari) terhadap kebisingan yang lebih keras dari 85 dB dapat merusak pendengaran secara permanen. Di bawah Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) di AS, batas paparan maksimum yang diizinkan semua pekerja adalah 90 dBA* selama periode delapan jam. Namun, untuk setiap 5 dBA *, jumlah waktu seseorang terpapar ke tingkat tersebut berkurang setengahnya. Misalnya, Secara hukum Anda diizinkan untuk terpapar kebisingan selama delapan jam pada 90 dBA, tetapi hanya empat jam pada 95 dBA dan dua jam pada 100 dBA karena bagaimana intensitas suara diukur. Jadi, mari kita baca lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana skala desibel mengukur secara berbeda dan mengapa itu penting.

Bagaimana suara diukur?

Tahukah Anda bahwa desibel berbeda dari skala pengukuran lain yang sudah dikenal? Sementara banyak alat pengukur standar, seperti penggaris, linier, skala desibel adalah logaritmik. Skala logaritmik lebih mewakili perubahan intensitas suara yang dapat didengar oleh telinga manusia.

Untuk menjelaskan pengukuran linier, pikirkan sebuah bangunan setinggi 100 kaki, dan dengan menambahkan 10 kaki lagi, bangunan tersebut akan menjadi 10 persen lebih tinggi – yang akan tampak sedikit lebih tinggi. Menggunakan skala desibel logaritmik, jika sebuah suara 80 dBA, dan kita menambahkan 10 dBA lagi, suara itu akan 10 kali lebih kuat dan terdengar sekitar dua kali lebih keras di telinga kita. Jika suara ditambahkan 20 dBA, itu 100 kali lebih keras.

Disamping adalah ilustrasi suara lingkungan yang umum dan bagaimana mereka mengukurnya:

Mengapa itu penting?

Seperti yang dijelaskan, bahkan peningkatan kecil dalam tingkat desibel dapat secara signifikan memengaruhi kesehatan pendengaran Anda. Saat desibel meningkat, pendengaran Anda kemungkinan besar akan rusak dan lebih cepat dari yang Anda duga. Hal ini dapat menyebabkan banyak implikasi dan secara bertahap mengurangi kemampuan Anda untuk memahami ucapan di tempat yang bising. Hidup bisa menjadi spiral ke bawah ketika berhadapan dengan masalah pendengaran, stres dan penurunan produktivitas karena kelelahan.

Seperti polusi suara lainnya, kebisingan yang disebabkan oleh lokasi konstruksi selalu menjadi perhatian lokal, terutama dengan peralatan mesin konvensional yang terus-menerus menghasilkan suara keras, yang menyebabkan reaksi merugikan dari orang-orang yang tinggal di sekitar lokasi.

Meskipun tidak mudah untuk meminimalkan aktivitas bising di lokasi konstruksi karena jackhammers, tamping machine, dan engine generator adalah mesin yang sangat diperlukan untuk melaksanakan proyek – yang terbaik adalah mengontrol sumber kebisingan. Perusahaan, konsultan, dan kontraktor harus menyadari bahwa mereka bertanggung jawab langsung atas kebisingan konstruksi – karena kualitas hidup masyarakat terletak pada kesediaan mereka untuk memperkenalkan kebijakan pembelian rendah kebisingan untuk peralatan mesin mereka.

Kekhawatiran yang terus meningkat akan kebisingan lingkungan telah memicu Denyo untuk berinovasi dalam menciptakan rangkaian lengkap generator ultra-diam yang tahan lama, hemat energi, dan senyap – bahkan saat beroperasi pada beban penuh. Keajaiban teknik terbaru kami, Malie DCA-45MZ, mencatat emisi suara hanya 44 dBA, sebanding dengan perpustakaan senyap.

Denyo percaya bahwa ia memiliki tanggung jawab untuk menangani masalah lingkungan dengan sungguh-sungguh dan meningkatkan upaya rekayasa untuk mencapai lingkungan yang layak huni untuk semua. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang artikel kami, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk mengatasi masalah Anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *